Tips Internet Marketing


Saat ini banyak sekali para pengusaha (bisa pengusaha kecil, menengah dan besar) yang sebelumnya tidak terlalu 'peduli' dengan mempromosikan usahanya melalui internet marketing atau online marketing, sudah mulai 'melirik' cara internet marketing. Yang saya perhatikan, banyak sekali pengusaha memerlukan terobosan marketing yang dianggap sudah stagnan melalui offline marketing sehingga internet marketing atau online marketing menjadi hal yang patut diperhitungkan.
Banyak cara yang dilakukan para pengusaha dalam melakukan internet marketing, seperti membuat website, berpromosi melalui social media seperti Facebook dan Twitter, newsletter, bahkan melalui media iklan online. Kelebihan pengusaha yang melakukan internet marketing adalah mereka sudah memiliki pengalaman secara offline dan produk-produk yang mereka miliki sudah melalui proses 'seleksi alam'. Selain mendapatkan pasar yang baru bagi produk-produk mereka, melakukan internet marketing juga sebagai wadah menjalin atau mempertahankan pelanggan tetap mereka.
Saat ini penetrasi internet di Indonesia sangat pesat. Pengguna internet Indonesia tidak hanya terkoneksi dengan internet secara nomadik tetapi sudah mulai mobile atau bergerak. Penggunaaan mobile internet melalui mobile broadband dengan smartphone dan tablet PC berkembang sangat cepat sehingga akses ke internet sudah semakin mudah. Inilah peluang besar bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya. Pengguna internet bisa dengan mudah mencari informasi yang diperlukan melalui internet kapan saja dan dimana saja.
Ketika saya perhatikan di Facebook dan Twitter, banyak sekali pengusaha bahkan perusahaan-perusahaan besar sudah menggunakannya sebagai media promosi produk-produk mereka. Saya belum mengetahui seberapa besar efektifnya tetapi dari pengalaman saya membantu teman-teman selama ini, khususnya untuk SEO Google saja, omset usaha mereka menjadi sangat-sangat baik dari sebelumnya.
Memasarkan produk melalui internet marketing/online marketing sama seperti pada offline marketing, perlu dedikasi dan kerja keras. Jangan menganggap setelah memiliki website atau akun Facebook atau Twitter maka tidak perlu bersusah payah membuat strategi internet marketing yang baik. Bisa-bisa jika salah melakukan strategi internet marketing yang baik, akan sia-sia apa yang telah dilakukan.

Berikut adalah tips melakukan internet atau online marketing untuk para pengusaha:

Internet Marketing Perlu Dedikasi dan Kerja Keras
Persiapkan mindset kita bahwa melakukan internet marketing/online marketing sama dengan melakukan offline marketing, perlu dedikasi dan kerja keras. Sebagai contoh: internet marketing/online marketing memerlukan bahasa marketing yang sama dengan offline marketing. Internet marketing/online marketing memerlukan customer service yang sama dengan offline marketing. Semua itu memerlukan waktu, tenaga dan biaya.
Jika anda sibuk dengan bisnis yang sudah ada, tugaskanlah minimal 1 orang yang khusus menangani internet marketing/online marketing usaha anda. Karena kesibukan dengan bisnis yang sudah ada, banyak pengusaha kurang berkonsentrasi mengembangkan bisnisnya melalui internet marketing/online marketing sehingga proses internet marketing/online marketing-nya tidak berjalan dengan baik. Berbeda dengan para pengusaha yang memang melakukan bisnis-nya melalui internet, banyak dari mereka penuh dengan semangat dan dedikasi yang baik dan sukses, kemudian mengembangkan bisnis online-nya ke bisnis secara offline.

Membuat Strategi Internet Marketing yang Baik dan Tepat.
Persiapkan strategi internet marketing/online marketing yang baik. Mengintegrasikan layanan-layanan internet seperti website, search engine, social media, email/newsletter, iklan online untuk internet marketing akan mempercepat proses branding dan penjualan suatu produk. Mudahnya berinteraksi dengan prospective customer akan membantu sekali pemasaran yang dilakukan.
Strategi menggunakan tool internet untuk marketing hampir sama dengan tool marketing secara offline. Newsletter dengan email hampir sama dengan penggunaan brosur. Memasang iklan di situs berita online hampir sama dengan memasang iklan di surat kabar. Jadi, membuat strategi pemasaran secara online hampir sama dengan strategi pemasaran konvensional, hanya mekanisme-nya saja yang berbeda.
Membuat strategi internet marketing yang baik tidak cukup tetapi juga harus tepat dengan strategi bisnis yang ingin dituju. Mencapai target market yang segmented bisa dilakukan melalui AdWords Google dan Facebook, berbeda dengan melakukan internet marketing melalui newsletter atau email.

Membuat Mudah Akses untuk Customer Service
Melayani pelanggan tetap menjadi kekuatan utama dalam melakukan internet marketing. Mempermudah akses untuk melakukan customer service harus diantisipasi dari awal sehingga setiap response dari prospective customer dapat dilayani dengan baik. Saya mempunyai pengalaman mendapatkan pelayan yang sangat baik dari sebuah online store karena barang yang saya pesan belum saya terima setelah batas waktu yang dijanjikan. Karena customer service yang baik, saya menjadi sangat nyaman berbelanja online disana. Jadi bagi saya, customer service yang baik adalah bagian dari internet marketing untuk menaikkan citra pelayanan. Response yang cepat dan baik akan membuat branding merek dagang kita juga semakin baik.
Saat ini baru itu yang bisa saya sarankan untuk teman-teman pengusaha jika ingin memulai internet marketing/online marketing. Jika ada pengalaman saya yang lain, saya akan update posting ini.
Sekali lagi, jika kita sudah terbiasa melakukan offline marketing, maka melakukan internet marketing/online marketing memiliki dasar yang sama, hanya media-nya saja yang berbeda.

Cara Menaikkan Posisi Peringkat Blog/Website/Toko Online di SERP Google

Cara menaikkan atau meningkatkan posisi peringkat blog/website di SERP Google sudah banyak dibahas di banyak blog. Melakukan cara teknik SEO atau Search Engine Optimization Google yang baik akan membantu menaikkan/meningkatkan posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google. Melakukan teknik SEO Google mulai dari SEO judul blog, SEO gambar, SEO meta tag dan teknik SEO Google yang lain merupakan langkah dasar untuk mendapatkan peringkat yang bagus di SERP Google.
Jika sebuah posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google stagnan bahkan cenderung menurun, perlu teknik SEO tambahan untuk menaikkan/meningkatkan posisi peringkat tadi. Bagi saya, cara yang efektif untuk meningkatkan posisi peringkat blog/website/toko online atau posting blog di SERP Google adalah sebagai berikut berdasarkan pengalaman melakukan SEO yang telah saya lakukan.

Menambahkan Keyword Density
Jika sebuah blog atau website sudah memiliki kerapatan kata kunci atau keyword density yang sesuai dengan target keyword di pencarian Google, menambahkannya dapat membantu menaikkan atau meningkatkan posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google. Menambahkan keyword density ini jauh lebih baik melalui konten blog yang berasal dari artikel-artikel yang ditambahkan dari melakukan update blog atau website.
Informasi keyword density yang paling baik adalah informasi yang berada di Google Webmaster Tools. Informasi keyword density tersebut akan sangat membantu untuk mengetahui seberapa kuat keyword density untuk keyword yang kita targetkan pada pencarian Google.
Dengan membuat artikel blog , website atau toko online dengan niche atau tema yang fokus akan membantu sekali menaikkan keword density blog atau website.
Cara SEO lain untuk menambahkan keyword density bisa dilakukan dengan menambahkan keyword density di tampilan blog dan menjawab komentar.
Contoh Keyword Density dari Google Webmaster Tools

Membuat Internal Link Strategy yang Baik
Cara selanjutnya untuk menaikkan atau meningkatkan posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google setelah mempunyai keyword density yang baik untuk keyword yang ditargetkan di SERP Google adalah membuat strategi yang baik untuk internal link.
Banyak blog atau website yang memiliki konten berkualitas tetapi tidak berhasil menduduki posisi peringkat yang baik di SERP Google dikarenakan tidak memiliki strategi internal link yang baik. Saya sering hanya memberikan saran membuat internal link saja kepada teman-teman yang menanyakan bagaimana meningkatkan posisi peringkat di SERP Google untuk blog , website atau toko online mereka dan hasilnya Alhamdulillah baik.
Internal anchor link dengan anchor text yang sesuai dengan target keyword akan membantu menaikkan/meningkatkan posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google.

Backlink Berkualitas
Mencari dan mendapatkan backlink berkualitas, bagi saya bukan langkah utama untuk menaikkan posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google. Mencari backlink berkualitas adalah langkah tambahan untuk menguatkan parameter SEO Google.
Jika anda cek backlink dari blog SEO ini, maka anda akan mendapatkan backlink yang relatif sedikit dibandingkan dengan blog-blog lain tetapi Alhamdulillah blog SEO ini bisa bersaing di SERP Google untuk keyword-keyword yang mempunyai kompetisi yang berat. Oleh karena itu backlink bagi saya hanya sebagi penguat parameter SEO saja.
Keyword density dan internal link yang kuat sudah akan cukup membantu menaikkan/meningkatkan posisi peringkat blog/website/toko online di SERP Google. Tetapi jika keyword density, internal link dan backlink yang baik dilakukan semua, maka teknik SEO yang diperlukan untuk menaikkan/meningkatkan peringkat di SERP Google sudah ideal.
Khusus untuk toko online, artikel saya tentang SEO untuk toko online bisa sebagai referensi tambahan.
Cara SEO Google diatas dapat diterapkan untuk SEO Blogger/SEO Blogspot maupun SEO WordPress sehingga blog mudah dicari di Google.

Blog SEO ini Kembali ke Nofollow

Blog SEO ini kembali ke nofollow bukan karena keinginan saya tetapi lebih karena setting oleh Blogger / Blogspot yang tidak bisa dirubah oleh user seperti saya. Saya baru mengetahui jika blog SEO ini kembali menjadi nofollow dari pengunjung yang memberikan informasi ke saya, karena memang saya jarang melakukan cek rutin ke html source blog SEO saya ini. Setelah saya cek, memang blog SEO ini sudah kembali menjadi nofollow.
Saya berusaha merubah kembali blog SEO ini menjadi Dofollow tetapi sepertinya source code untuk setting tersebut dihidden oleh Blogger/Blogspot. Saya agak curiga perubahan dofollow menjadi nofollow ini ketika Blogger/Blogspot mengaktifkan "threaded commenting" di Blogger/Blogspot seperti yang dilansir di Blogger Buzz:
http://buzz.blogger.com/2012/01/engage-with-your-readers-through.html
Komitmen saya untuk menjadikan blog SEO ini Dofollow adalah tetap tetapi faktor teknis yang menjadikan blog ini nofollow dan mudah-mudahan hal ini tidak berlangsung lama.
Beberapa posting mengenai dofollow untuk Blogger dan Blogspot sudah saya jadikan draft kembali dan saya tidak publikasikan karena sudah tidak relevan lagi agar pengunjung tidak mendapatkan informasi yang salah. Saya masih melakukan revisi di beberapa artikel yang berhubungan dengan  dofollow di Blogger/Blogspot dengan tujuan yang sama.
Saya mulai mendaftarkan blog saya ke Bing Webmaster Tools setelah Yahoo! Site Explorer bergabung dengan Bing Webmaster Tools. Mendaftarkan blog atau website ke Bing Webmaster Tools akan membuat blog atau website dapat ter-index Yahoo! juga, sekali mendaftar maka blog atau website akan ter-index di dua search engine sekaligus.

Berikut adalah tutorial cara mendaftarkan blog atau website ke Bing Webmaster Tools setelah anda memulai membuat blog:
1. Kunjungi Situs Resmi Bing Webmaster Tools
 
Alamat situs resmi Bing Webmaster Tools adalah http://www.bing.com/toolbox/webmaster dan anda akan mendapatkan halaman web seperti berikut:
Situs Resmi Bing Webmaster Tools
Situs Resmi Bing Webmaster Tools
Kemudian klik di tab "Webmaster Tools Sign In" dan anda akan masuk ke halaman web seperti berikut:
Sing in ke Bing Webmaster Tools
Windows Live ID - Sign In
Jika anda belum mempunyai akunnya, klik di "Sign Up" untuk mendapatkan akun Windows Live ID dan ikuti langkah-langkah berikutnya.

2. Mendaftarkan Blog atau Website ke Bing Webmaster Tools
Setelah anda berhasil "Sign In" ke dalam Bing Webmaster Tools, maka anda akan mendapatkan halaman web seperti berikut:
Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Bing Webmaster Tools - Home 

Untuk mendaftarkan blog atau website ke Bing Webmaster Tools, klik di tab "Add Site" dan anda akan mendapatkan pop-up screen sebagai berikut:
Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Bing Webmaster Tools - Add Site

Masukkan nama domain blog atau website anda dan kemudian klik tab "Submit", kemudian anda akan mendapatkan halaman web pop-up baru sebagai berikut:
Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Bing Webmaster Tools - Verify Ownership

Nama domain blog atau website anda akan terlihat di bagian "Site:http://...". Ada 3 opsi untuk memverifikasi kepemilikan blog atau website tetapi jika anda menggunakan Blogspot/Blogger atau WordPress, opsi kedua adalah yang paling disarankan.
Catatan: Setiap Meta Tag key yang dihasilkan untuk setiap blog atau website akan berbeda atau unik, jadi saya menyamarkan nama site dan meta tag key diatas agar tidak rancu.

3. Masukkan Meta Tag Key Ke Blog atau Website
Untuk blog di Blogspot/Blogger, masukkan meta tag key yang sudah diberikan Bing Webmaster Tools melalui html editor persis dibawah <head>:
Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Menambahkan Meta Tag Key Bing Webmaster Tools di Blogspot/Blogger

Catatan: Setiap Meta Tag key yang dihasilkan untuk setiap blog atau website akan berbeda atau unik, jadi saya menyamarkan meta tag key diatas agar tidak rancu.  Untuk konfigurasi html di blog masing-masing bisa berbeda dan JANGAN menjadikan konfigurasi html diatas sebagai referensi untuk blog anda. Pastikan saja meta tag key untuk blog anda berada dibawah <head> dan simpan template-nya setelah itu.

4. Klik Verify di "Verify Ownership" Screen.
Setelah anda memasukkan meta tag key dari Bing Webmaster Tools kedalam html source blog anda, kemudian kembali ke halaman web "Verify Ownership" dan klik di tab "Verify".
Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Bing Webmaster Tools - Add Site
Setelah proses verifikasi oleh Bing Webmaster Tools selesai, anda akan diredirect ke halaman web utama Bing Webmaster Tools sebagai berikut:

Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Bing Webmaster Tools - Home Screen

Jika verifikasi-nya berhasil, maka blog atau website anda akan terdaftar di bagian "SITE" seperti gambar diatas yang saya beri warna hitam (saya menyamarkan nama site agar tidak rancu). Butuh waktu minimal 3 hari untuk Bing Webmaster Tools untuk menampilkan data statistik blog atau website anda.

2 comments:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya PAK.ANDRI YUNITA.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .
    DANA GAIP KIYAI DIMAS KANJENG TAAT PERIBADI

    ReplyDelete
  2. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete